Dari berbagai macam jenis usaha sampingan menjanjikan yang bisa dipilih dalam pencarian uang, berjualan baju atau pakaian menjadi salah satu yang terlaris. Baju adalah sebuah kebutuhan pokok yang dimiliki oleh semua orang. Sebagai manusia yang beradab tentu sepatutnya kita akan selalu berpakaian sebagaimana mestinya. Karena itulah bisnis ini tidak akan pernah mati dan tentunya pantas untuk Anda pilih. Terlebih lagi dengan munculnya teknologi jaringan internet. Kombinasi dari bisnis jual beli pakaian dengan jaringan internet memang sangat pas. Dengan menggabungkannya, maka Anda akan bisa menikmati bisnis jual beli baju dengan risiko kerugian yang rendah dan nilai potensi keuntungan tinggi.

Memulai Bisnis Jual Belu Baju Modal Kecil

Untuk bisa memulai usaha jualan baju, sebenarnya bisa Anda lakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Jadi anggapan dari modal yang menjadi penghambat kegiatan bisnis dilakukan tentu bisa Anda singkirkan. Cara untuk bisa berjualan baju dengan modal kecil atau tanpa modal adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Reseller atau dropshipper tidaklah perlu modal membeli pakaian untuk Anda jajakan. Langkah ini dilakukan dengan mencoba membantu pihak toko dalam menjual pakaian yang dimiliki. Jadi langkah pemasaran yang Anda miliki akan sangat berguna di dalam keberhasilan menjadi reseller atau dropshipper. Anda bisa mengesampingkan masalah produksi ataupun pembelian barang dagangan ketika memilih menjadi reseller atau drop.

Ada beberapa hal yang teramat penting untuk Anda perhatikan ketika memilih untuk menjadi reseller atau dropshipper, seperti berikut ini:

  • Pemilihan mitra supplier yang tepat

Ini adalah langkah paling penting ketika Ansa memilih menjadi reseller atau dropshipper. Pastikan untuk memilih supplier terbaik dan bisa dipercaya. Tentunya Anda tidak ingin mengalami penipuan bukan? Jadi usahakan untuk mencari supplier yang bisa dipercaya sebanyak-banyaknya. Lakukan kerja sama dengan supplier tersebut. Seiring berjalannya proses judi yang dijalani, maka Anda bisa memilih supplier mana yang paling baik untuk dipilih..

  • Promosi barang secara gencar

Ketika Anda sudah menemukan mitra supplier dan mendaftar menjadi reseller atau dropshipper, maka langkah selanjutnya tinggal melakukan promosi barang dengan gencar. Manfaatkanlah segala kesempatan yang ada untuk melakukan promosi. Gunakan media sosial yang dimiliki untuk memperluas jangkauan promosi sehingga konsumen bisa mengerti dan tahu tentang barang dagangan yang Anda jajakan.

  • Jaga kepercayaan baik dengan mitra supplier ataupun konsumen

Jagalah dengan baik kepercayaan yang diberikan baik dengan mitra supplier ataupun konsumen. Jangan sekali-kali Anda mengecewakan mereka. Untuk konsumen yang merasa puas dari membeli barang dengan Anda, maka sebaiknya mintalah testimoni. Testimoni akan semakin meningkatkan kredibilitas nama dari lapak yang Anda miliki. Namun ketika Anda membuat kecewa, maka respons buruk yang didapat bisa menjadi alasan dari para konsumen memilih lapak lainnya.

Bisnis Jual Beli Baju Dengan Membuka Toko Sendiri

Jika Anda memiliki modal lebih, maka bisa memulai bisnis jual beli baju dengan membuka toko pribadi secara nyata. Dengan membuka toko, maka kini Anda sudah memiliki stok barang sendiri. Walaupun demikian, promosi secara online tentu harus tetap gencar dilakukan. Kita harus siap dengan perkembangan zaman yang menjadikan internet menjadi sebuah pasar dalam hal jual beli barang, termasuk juga pakaian. Ketika sudah memiliki stok barang, maka penjualan bisa semakin leluasa untuk Anda lakukan karena bisa tahu secara pasti mengenai ada atau tidaknya barang ketika konsumen memesannya.

Dalam usaha jual beli baju dengan pembuatan kios secara nyata ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

  • Lakukan survei pasar

Survei pasar dilakukan untuk melihat peluang dari bisnis jual beli baju yang akan dibuat. Mulai dari jenisĀ  baju yang akan dijual, sasaran konsumen, kondisi persaingan usaha, hingga risiko apa saja yang akan didapatkan bisa Ansa ketahui dari melakukan survei pasar.

  • Temukan supplier tepat

Ketika Anda belum bisa memproduksi pakaian sendiri, maka bisa melakukan pembelian barang dagangan pada supplier. Carilah dengan teliti mengenai supplier yang akan dijadikan tempat belanja barang dagangan. Kualitas barang dan harga yang terjangkau tentu menjadi pertimbangan agar Anda bisa bersaing dalam dunia fashion yang persaingannya begitu ketat. Kunjungi supplier langsung pada tempatnya agar bisa memastikan kualitas barang yang akan Anda dapatkan.

  • Lokasi dari kios

Pastikan lokasi kios yang Anda buat strategis dan sesuai dengan mangsa pasar. Sesuaikan baju yang Anda jajakan dengan tempat berdirinya kios. Semisal ketika menjajakan baju gaul untuk para anak muda, maka pilihlah lokasi kios yang ramai dengan anak muda berseliweran Ketika Anda memilih kios yang sepi dari berkumpulnya anak muda, maka sudah pasti kurang dikenal. Kurang dikenalnya kios tentu berimbas pada minimnya penjualan secara langsung terjadi. Anda hanya akan bisa mengandalkan jualan online ketika kurang lakunya penjualan fisik secara langsung. Tentunya cukup merugikan jika itu terjadi.

Share
Tips Sukses Menjalankan Bisnis Jual Beli Baju